Berita Bethel
Penulis: Pram (15/09/2015)
Rupiah Melemah, Wisata Domestik Naik


Wisatawan domestik lebih memilih berwisata di lokasi wisata dalam negeri, menyusul terjadinya pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika.Devi Iriani salah seorang pelaku usaha jasa travel dan wisata di Bekasi mengatakan pelemahan nilai tukar rupiah menyebabkan terjadinya perubahan tren berwisata di kalangan masyarakat.



Perubahan itu adalah penurunan hingga 40% wisatawan yang berwisata ke luar negeri, sedangkan di sisi lain terjadi penaikan permintaan berwisata di lokasi dalam negeri hingga 25%.



Adapun, lokasi tujuan wisata dalam negeri tetap didominasi Lombok, Bali, dan Manado. "Juga muncul insentif tour dalam negeri, atau permintaan berwisata yang sebelumnya tidak menjadi lokasi wisata yang ditawarkan perusahaan," katanya, Selasa (15/9/2015).

Kendati demikian, dia memastikan, permintaan terhadap perjalanan wisata relijius seperti umrah sama sekali tidak berkurang.



Menurutnya, permintaan terhadap umrah tetap tinggi lantaran permintaan terhadap perjalanan ibadah haji membutuhkan waktu tunggu lebih lama. "Perjalanan umrah sama saja, minatnya tidak berkurang." [Sumber : www.bisnis.com/Foto : Istimewa].