Berita Bethel
Penulis: Pram (01/10/2015)

BPD Kaltim-Kaltara : Seminar BSK di Balikpapan


Sadar akan hal tersebut, maka BPH GBI berusaha untuk menjangkau kaum bapak dengan mengadakan seminar dan training yang bertema BAPA SEPANJANG KEHIDUPAN (BSK) di Balikpapan pada 28-29 september 2015. Acara 2 hari ini dihadiri 75 peserta yang terdiri dari para gembala GBI di Kaltim-Kaltara dari 8 wilayah yang ada di bawah naungan BPD GBI Kaltim-Kaltara.



Adapun pembicara yang dipercayakan BPH GBI dalam kesempatan ini ialah Pdt. Dr. Dwijo S, Pdt. Markus S, Pdp. Yoel S, dan Pdp. Antonius Sitompul. Dari materi-materi yang disampaikan para narasumber tersebut, para kaum bapak khususnya yang ada di GBI diharapkan mampu untuk melaksakan fungsinya dalam empat hal penting di tengah-tengah keluarga, pelayanan dan lingkungan yakni:



1.Mentoring (membimbing), 2.Encouraging (memotivasi), 3. Modeling (teladan), 4.Loving (menjalin keakraban). Seiring dengan itu Ketua BPD GBI Kaltim-Kaltara, Pdt. Tuty Maniking mengakatakan. "Kaum bapak ini adalah kunci utama dalam keberhasilan keluarga dalam mengiring Tuhan. Jika kepala keluarga baik maka keluarga akan baik pula dan demikian sebaliknya. Maka kita harus memenangkan kaum bapak-bapak ini demi memenangkan seluruh anggota keluarga yang lain." Tandas ibu yang juga sebagai tuan rumah pada perhelatan kali ini.



BSK yang merupakan kerja-sama antara BPH dan BPD GBI Kaltim-Kaltara ini berlangsung dengan sangat lancar meskipun ada tantangan. Peserta yang hadir tidak dipungut biaya dan diberi fasilitas menginap gratis selama acara berlangsung. "Para peserta ini adalah gembala-gembala GBI yang datang dari 8 wilayah yang ada. Banyak diantara mereka datang setelah menempuh 15 jam perjalanan jalur darat, kami sangat menghargai perjuangan mereka" ungkap Ketua Panitia acara, Pdt. Efni Mandang.



“Peserta BSK ini tidak dipungut biaya dan mereka yang dari daerah kami inapkan di hotel dan mess gereja" terang bendahara BPD GBI Kaltim-Kaltara, Pdt. Isdarwati.Meskipun acara ini diutujukan untuk kaum bapak, namun kepanitiannya dibantu para ibu-ibu gembala atau pejabat setempat. Demi mensukseskan terselenggaranya acara ini ketua DPA GBI Kaltim-Kaltara, Pdm. David Billiu juga turut aktif membantu.



Ditanya tentang tindak lanjut dari acara TFT (Training For Trainer) BSK ini, ketua BPD setempat, Pdt. Tuty Maniking memastikan akan membentuk kelompok-kelompok khusus sehingga para hamba Tuhan yang telah mendapatkan modul training pada kesempatan ini segera bisa membagikannya di gereja lokal masing-masing. “Kami bentuk kelompok untuk materi atau modul ini bisa dipraktekkan di gereja-gereja lokal. Jadi mereka yang ditraining hari ini harus bisa mentraining orang lain di gereja atau wilayah mereka juga” tandasnya. [Pdp. Andreas Jonto Sinaga]