Berita Bethel
Penulis: Pram (25/11/2015)
4 Prioritas Kebijakan Ekonomi Versi BI


Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo mengatakan, strategi kebijakan ekonomi perlu difokuskan pada prioritas kebijakan yang sangat mendesak guna mencapai sasaran antara dan visi pembangunan ekonomi yang dituju.



Untuk itu, BI merumuskan empat prioritas kebijakan yang patut ditempuh guna memperkuat ketahanan dan daya saing ekonomi nasional."Kebijakan tersebut adalah kebijakan memperkuat ketahanan dan kemandirian energi dan pangan serta ketersediaan air, kebijakan industrialisasi di berbagai sektor, kebijakan percepatan pembangunan infrastruktur fisik dan non fisik, serta kebijakan penguatan sektor keuangan,” kata Agus dalam Pertemuan Tahunan BI, Selasa (24/11/2015).



Prioritas kebijakan pertama terkait berbagai upaya untuk meningkatkan ketahanan dan kemandirian energi dan pangan, serta ketersediaan air.Adapun prioritas kebijakan kedua adalah kebijakan industrialisasi, tak hanya terbatas pada sektor industri pengolahan tetapi juga berlaku untuk sektor unggulan lainnya.



Sementara itu, prioritas kebijakan ketiga adalah percepatan pembangunan infrastruktur, baik kebijakan infrastruktur dalam arti fisik maupun kebijakan infrastruktur non fisik.Prioritas kebijakan keempat adalah penguatan kebijakan di sektor keuangan.



Agus berpandangan, kebijakan-kebijakan tersebut pada dasarnya sudah menjadi komitmen bersama dan sudah dilakukan dengan baik setahun ini.Namun, ketidakpastian global yang tinggi menuntut percepatan berbagai kebijakan di keempat bidang tersebut. [Sumber Naskah & Foto : www.kompas.com].