Berita Bethel
Penulis: Pram (01/12/2015)

Ribuan Ikan Mati di Ancol


Sudah dua hari ini, petugas di kawasan wisata Ancol mondar-mandir menggunakan kendaraan bak terbuka guna mengangkut bangkai-bangkai ribuan ikan yang mati mendadak dan terdampar di pinggir pantai Ancol, Jakarta-Utara (30/11-1/12).



Seperti dituliskan kompas.com bahwa 3 hari sebelum peristiwa tersebut, warga melihat keanehan air laut yaitu terbagi menjadi dua bagian (coklat dan bening biasa). Sementara itu, Guru Besar Bidang Ekobiologi Ikan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Ir Sulistiono MSc. menyebut kemungkinan penyebabnya adalah blooming algae, seperti dirilis detik.com.



Ia mengatakan setelah saya lihat umumnya banyak ikan pelagis (yang hidup pada bagian air permukaan) yang mati. Kemungkinan penyebabnya blooming algae. Menurutnya, blooming algae yakni suatu kondisi di mana populasi algae alias ganggang di dalam ekosistem perairan meningkat akibat kandungan nitrat dan fosfat. Hal ini mengakibatkan ikan kekurangan oksigen dan mati.



Hingga berita ini diturunkan, pihak terkait mengirimkan sampel ikan yang mati ke Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta untuk diteliti lebih lanjut. [Sumber Foto : www.news.liputan6.com].