Berita Bethel
Penulis: Pram (01/12/2015)

Kemenkes Selidiki Kematian 32 anak di Papua


Menkes Nila Farid Moeloek turut berduka cita dan prihatin atas meninggalnya 32 anak di Papua, Pemerintah bertanggungjawab terhadap kejadian di Papua ini. Data yang kami terima dari Dinas Kesehatan Prov Papua adalah 32 anak di bawah usia 2 tahun yang meninggal sejak bulan Oktober 2015 hingga saat ini.



Saya sudah menugaskan Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) untuk mengirim tim investigasi ke lokasi, melakukan penyelidikan epidemiologi (verifikasi dan investigasi), ungkap Menkes (27/11).



Menkes menyatakan bahwa medan perjalanan ke lokasi cukup jauh dan berat. Saat ini tim Respon Cepat dari Kementerian Kesehatan yaitu tim surveilans dan Litbang sudah menuju lokasi, yaitu desa Mbua di Kabupaten Nduga, Provinsi Papua.



Segera setelah tim mencapai lokasi akan melaporkan hasil investigasi epidemiologi lebih jauh, diharapkan saat itu situasi sudah lebih jelas sehingga kami dapat menentukan langkah selanjutnya, terang Menkes.



Terkait ini, Menkes sudah menugaskan Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan untuk mengadakan pertemuan, saat ini sedang berlangsung rapat koordinasi lintas kementerian/lembaga terkait, antara lain BNPB, Kementerian Pertanian dan TNI. [Sumber Naskah : www.depkes.go.id/Foto : Istimewa].