Berita Bethel
Penulis: Pram (02/12/2015)
Gaya Kepemimpinan Yesus


Gaya kepemimpinan Yesus adalah tidak lumrah bagi zamannya, tetapi juga untuk zaman sekarang. Kepemimpinan Yesus sangat berbeda, Ia mengatakan “Anak manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani”, padahal banyak pemimpin minta dilayani dan tidak mau melayani.



Pada satu kesempatan Yesus memanggil para murid dan berkata, “Kamu tahu, bahwa pemerintah-pemerintah bangsa-bangsa memerintah rakyatnya dengan tangan besi dan pembesar-pembesar menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka. Tidaklah demikian diantara kamu.



Barangsiapa ingin menjadi besar diantara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barang siapa ingin menjadi terkemuka diantara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu; sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang” (Matius 20:25-28).



Yesus juga mengatakan : “Yang terbesar diantara kamu hendaklah menjadi sebagai yang paling muda dan pemimpin sebagai pelayan. Sebab siapakah yang lebih besar, yang duduk makan atau, yang melayani ? Bukankah dia yang duduk makan ? Tetapi Aku ada di tengah-tengah kamu sebagai pelayan” (Lukas 22:26-27).



Perikop-perikop ini mencatat percakapan Yesus yang paling lugas tentang kepemimpinan. Ia memberikan pelajaran yang sangat penting tentang kepemimpinan:1. Kepemimpinan bukan berarti “Berkuasa Penuh” terhadap para pengikut atau menggunakan kekuasaan seperti yang biasa dilakukan oleh para pembesar masa kini.



2.Pemimpin harus menjadi pelayan bagi orang-orangnya. 3. Kerendahan hati adalah kualitas utama dari karakter pemimpin sejati. Yesus sendiri menjadi model kepemimpinan pelayan.



Materi diatas telah disampaikan Pdt. dr Josafat Mesach, MTh pada acara Training Leadership alias Pelatihan Kepemimpinan SPY (Saya Pengikut Kristus) pada tanggal 25-26 November 2015 di Aula kantor BPD GBI Papua. Training tersebut merupakan kerja bareng Bidang Teologia BPD GBI Propinsi Papua, BEC BPH GBI (Pusat) dan Departemen Teologi BPH GBI. [Misi dan Pel Mas BPH GBI].