Berita Bethel
Penulis: Pram (02/12/2015)
IMF Akui RMB Sebagai Mata Uang Dunia


Mata uang China (RMB) alias Renminbi atau Yuan ditetapkan IMF (International Monetary Fund) sebagai salah satu mata uang terkemuka di dunia mulai 1 Januari 2016. Mata uang ini bisa digunakan dalam transaksi bisnis perdagangan dan keuangan, seperti dirilis The New York Times (www.nytimes.com, Selasa 1/12).



Menurut keterangan Christine Lagarde, Manajer Direktur I.M.F. di Washinton DC, pengakuan ini berkaitan dengan kemajuan-kemajuan yang diperoleh Pemerintah China beberapa waktu lampau dalam konteks reformasi moneter dan sistem keuangan.



Sementara itu, Harian Kompas (Rabu, 2/12) halaman 10 dengan judul "RMB Dongkrak Semangat" menuliskan bahwa RMB bisa digunakan sebagai alat tukar operasional (SDR : Special Drawing Right), salah satunya ialah ketika IMF memberikan pinjaman darurat kepada 188 negara anggota.



Dengan demikian, komposisi SDR berubah sebagai berikut : Euro (30.93%), RMB (10.9%), Yen (8.33%), Pundsterling (8.09%), USD (41.73%, tetap). Ekuivalen 200 Miliar USD nilai SDR IMF akan dibagi berdasarkan komposisi tersebut. Menurut Kompas,  RMB melangkahi posisi Yen dan Pundsterling. [Foto : Istimewa].