Berita Bethel
Penulis: Pram (31/12/2015)

Car Free Night di Kota Tua, Jadwal Pengalihan Arus dan Lokasi Parkir [31/12/2015]


Kawasan Kota Tua termasuk titik keramaian malam tahun baru. Di sini juga diterapkan Car Free Night seperti Jl Sudirman-Thamrin sehingga kendaraan bermotor tidak bisa masuk.

TMC Polda Metro Jaya di akun Facebook-nya merilis jadwal pengalihan arus selama Car Free Night di Kota Tua sejak Kamis pukul 16.00 WIB hingga Jumat (1/1/2016) pukul 05.00 WIB. Berikut daftarnya:



A. Putaran Glodok : 1. Kendaraan Bermotor dari arah Harmoni ke arah Kota Tua akan ditutup total (hanya khusus pejalan kaki). Kendaraan dialihkan ke arah Jl Pancoran atau di putar arah balikkan ke arah Jl Hayam Wuruk.



2. Kendaraan dari arah Jl Pancoran ke arah Kota Tua ditutup total, dialihkan ke arah Jl Hayam Wuruk atau diputar arah balikkan lagi ke Jl Pancoran kembali.



3. Parkir kendaraan bisa di Pasar Pagi, Fly Over Jl Asemka, Gedung Asemka, Gedung HWI dan Gedung LTC Jl Hayam Wuruk.



B. Lampu Merah Asemka : 1. Kendaraan dari arah Mangga Dua yang ke arah Kota Tua dan Jembatan Lima ditutup (hanya khusus pejalan kaki), dialihkan ke arah Jl Pintu Besar Selatan/Jl Hayam Wuruk.



2. Parkir kendaraan bisa di Jl Jembatan Batu Raya dari lampu merah Asemka – Putaran Jembatan Batu, Gedung Pasar Pagi, ITC Harco sepanjang Jl Mangga Dua, Gedung HWI dan Gedung LTC di Jalan Hayam Wuruk.



C. Lampu Merah Jembatan Lima : 1. Kendaraan dari arah Jembatan Dua/Cideng/Toko Tiga kearah Kota Tua ditutup (hanya khusus pengunjung pejalan kaki), dialihkan ke arah Jembatan Dua/Cideng/Toko Tiga.2. Parkir kendaraan bisa di Pasar Pagi/Gedung Asemka atau di Fly Over Jl Asemka.



D. Bundaran Kali Besar : 1. Kendaraan dari arah Jl Pancoran/Pasar Pagi ke arah Jl Kali Besar Barat/Kota ditutup dan dialihkan ke arah Roa Malaka.2. Kendaraan bisa parkir di Gedung Asemka/Pasar Pagi atau Fly Over Jl Asemka.



E. Pertigaan Pospol Kopi : 1. Kendaraan dari arah Jl Cengkeh ke arah Kota Tua ditutup dialihkan kearah Jl Kopi-Jl Gedong Panjang.2. Parkir kendaraan bisa di hotel Omni Batavia atau di Lapangan Tongkol (kolong TOL), Lapangan Cengkeh atau di Sepanjang Terminal Kota/Jl Kali Besar Timur.



F. Pertigaan Tiang Bendera : 1. Kendaraan dari arah Jl Tiang Bendera ke arah Jl Kali Besar Barat ditutup dan dialihkan ke Ekor Kuning.2. Kenderaan bisa parkir di Lapangan Tonggkol atau di Lapangan Cengkeh/Jl. Kali Besar Timur di Terminal Kota Tua.



G. Pergtigaan Cengkeh : 1. Kendaraan dari arah Pasar Ikan/Jl Cengkeh ke arah Jl Kunir/Kota Tua ditutup dan dialihkan ke arah Jembatan Gantung/Jl Kali Besar Barat (Contra Flow).2. Kendaraan bisa parkir di Lapangan Cengkeh, Jl Kali Besar Timur atau Lapangan Tongkol.



H. Pertigaan Jalan Lodan : 1. Kendaraan dari arah Kp Bandan/Jl Lodan ke arah Kota Tua ditutup dan dialihkan atau diputar arah balikkan ke arah Kp Bandan/Jl Lodan kembali.2. Parkir di Lapangan Tanah Merah atau perkantoran/pergudangan kereta api (atau tempat-tempat parkir sepanjang Jl Lodan)



I. Tikungan AW, Bundaran Kaliber, Pertigaan Pospol Kopi dan Pertigaan Jalan Lodan : 1.Akses keluar kendaraan yang berada di dalam Kawasan Kota Tua, atau kendaraan pemilik penghuni di dalam Kota saat keluar tidak boleh masuk kembali sampai waktu jam sudah ditentukan Petugas Polri.



Sat Lantas Polres Metro Jakarta Barat juga menyarankan kepada seluruh pengguna kendaraan bermotor yang mengarah ke kawasan wisata Kota Tua agar memarkirkan kendaraannya di parkiran halte–halte busway dan kemudian menggunakan bus TransJakarta untuk menuju ke kawasan wisata Kota Tua. [Sumber : www.detik.com/Foto : Istimewa].