Berita Bethel
Penulis: Pram (05/01/2016)
Komitmen Keluarga Bagi Misi Gereja Lokal


“Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia” (Kolose 3:23). Keluarga bukan saja menjadi sebuah tempat untuk berkembangnya pertumbuhan iman anggota keluarga, namun ternyata keluarga juga dipanggil oleh Allah untuk memajukan pertumbuhan pelayanan Tuhan di gereja lokal.



Pernyataan tersebut bukanlah pertanda bahwa Allah tidak mampu membela pekerjaan-Nya, lalu memohon-mohon untuk dibantu pelayanan-Nya. Sebaliknya Allah ingin melibatkan kita sebagai mitra dari pekerjaan-Nya untuk aktif dalam penjangkauan jiwa bagi Dia.



Pada waktu pelayanan Rasul Paulus, ada beberapa keluarga yang begitu setia menopang kegiatan misi saat itu. Paulus sungguh sangat terbantu dengan kehadiran keluarga-keluarga tersebut. Salah satu keluarga yang begitu setia membantu pekerjaan misi adalah Akwila dan Priskila (Kis. 18:1-23).



Mereka tidak segan-segan memberikan dana, daya dan doanya agar pekerjaan misi yang diberikan Allah kepada Rasul Paulus dapat berjalan dengan maksimal.Ada satu dorongan dan kesadaran yang kuat dalam diri mereka sebagai sesama tubuh Kristus.



Jika kita mengerti akan kebenaran dari istilah “Tubuh Kristus”, maka kita sebagai keluarga-keluarga Kristen dapat mengambil bagian dalam pelayanan misi di gereja lokal. Kita dipanggil oleh Allah menjadi salah satu organ tubuh dari pekerjaan-Nya, membantu pekerjaan misi di gereja lokal dengan menjadi “tangan- tangannya Allah”.



Pemberian kita bagi pekerjaan misi sama dengan artinya meluaskan Kerajaan Allah di muka bumi ini. Ketika kita memberi dengan motivasi yang benar, ketulusan dan pengorbanan, hingga satu jiwa dapat diselamatkan melalui pekerjaan misi gereja lokal, hal itu akan membuat Bapa senang.



Dengan sikap memberi yang benar, tidak membuat kita kekurangan dan jatuh miskin, karena Allah pasti memberkatinya kembali dengan berlipat-kali ganda dan Ia tidak mau berhutang. Percayalah, apa yang telah kita korbankan bagi pekerjaan misi-Nya di gereja lokal kita, pasti Allah perhitungkan (Kol. 3:24) “Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya”.



Apa yang sedang kita kerjakan ini adalah proyeknya Tuhan, bukan proyek manusia. Tetapkanlah komitmen keluarga Anda dan saya, untuk terus terlibat dalam pekerjaan misi bagi gereja lokal. Tuhan Yesus pasti menolong dan memampukan kita.(Sumber : R.A.B-Pdm. Vanny A.R. Paendong, M.pd.K./Foto : Istimewa).



“Keluarga yang diberkati adalah keluarga yang memberkati pekerjaan Tuhan”