Berita Bethel
Penulis: Pram (26/01/2016)

Rakernas II BPH : Waktunya Menuai Sekarang !


Nats Yohanes 4:35 menjadi ayat utama kotbah Pdt. Japarlin Marbun, Ketum BPH GBI pada sesi ibadah Rakernas II BPH GBI di Cisarua, Kab. Bogor, Jawa-Barat (Selasa, 26/1). "Jangan lewatkan momen menuai ini sedikitpun," tegas Pdt. Japarlin.



Namun, untuk menuai ada syaratnya kata Pdt. Japarlin yaitu Pertama, tidak akan ada penuaian tanpa (upaya) menabur seperti tertulis pada nats Kejadian 8:22. Ia menambahkan nats Lukas 8:4-15 tentang benih yang ditburkan ada yang jatuh di pinggir jalan, tanah berbatu, semak duri, serta tanah yang baik (subur) sehingga berbuah dan siap dituai. Sembari menambahkan nats-nats Matius 28:19-20 dan Markus 16:15.



Ia berpesan agar para pengkotbah menyampaikan Firman Tuhan secara mudah, bisa dipahami jemaat. "Jangan sampai semakin tinggi pendidikan pembicara, malahan semakin sulit dipahami isi kotbahnya,"ujarnya.



Persyaratan kedua, penuaian didahului dengan pertumbuhan yaitu berakar, bertumbuh dan berbuah (Markus 4:26-29). Syarat ketiga ialah tuaian itu milik Yesus Kristus (I Korintus 3:6-9).



Pdt. Japarlin menyampaikan kepada peserta bahwa GBI adalah gereja terbesar ke dua setelah HKBP berdasarkan SR PGI di Nias tahun 2015. Dengan demikian, GBI adalah gereja yang maju. Pertanyaannya ialah sudahkan GBI membawa dampak bagi wilayah setempat ?, ujarnya dengan nada bertanya.



Jika hal itu dilakukan, maka GBI bisa memberikan dampak bagi dunia. Sesi selanjutnya adalah pembukaan Rakernas II oleh Pdt. Japarlin Marbun.



Yohanes 4:35 Bukankah kamu mengatakan: Empat bulan lagi tibalah musim menuai? Tetapi Aku berkata kepadamu: Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang-ladang yang sudah menguning dan matang untuk dituai.