Berita Bethel
Penulis: Pram (28/01/2016)

Banjir Rusak Rumah dan Jembatan di Aceh


Lima jembatan antar desa di Kabupaten Aceh Besar ambruk dihantam banjir. Enam rumah warga di Kecamatan Seulimum juga rusak rusak dalam bencana tersebut.



Dari lima jembatan yang rusak, empat diantaranya berada di Kecamatan Leumbah Seulawah yakni jembatan gantung Gampong Lon Baroh, Seunong Panah, Uteun Kayee Puteh dan jembatan Mon Tujoh.“Satu lagi jembatan kecil di Lamteuba (Kecamatan Seulimum),” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar, Ridwan Jamil, Kamis (28/1/2016).



Selain jembatan, BPBD Aceh Besar juga mencatat ada enam rumah warga rusak disapu banjir di Lampanah, Kecamatan Seulimum.Banjir juga merendam ratusan hektar lahan pertanian masyarakat, dan beberapa irigasi yang menjadi sumber pengairan sawah-sawah warga.“Nilai kerugiannya belum diketahui karena masih berlangsung pendataan di lapangan.



Fokus kami sekarang ke manusia dulu,” ujar Ridwan.Menurutnya, Pemkab Aceh Besar hari sudah menyalurkan bantuan kepada masyarakat korban banjir. Sedangkan, BPBD telah mengerahkan mobil tanki air untuk membantu membersihkan masjid di Beunot, Seulimum.



Ridwan mengatakan untuk mengantisipasi krisis air bersih di desa-desa yang parah terkena banjir, pihaknya sudah berkordinasi dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat.“Nanti kita minta PDAM bagaimana cara bisa menyediakan air bersih untuk masyarakat yang terkena banjir ini,” pungkas dia.[Sumber : www.okezone.com/Foto: Ilustrasi].