Berita Bethel
Penulis: Pram (02/02/2016)

Indonesia Tepat di Lintasan Gerhana Matahari 9 Maret 2016


Dosen Astronomi ITB Fery Simatupang mengatakan dilewatinya daratan Indonesia oleh gerhana matahari bertepatan saat Indonesia berada di garis totalitas gerhana tersebut. Hal ini yang menjadikan momen gerhana total pada 9 Maret 2016 menjadi istimewa.



"Bisa jadi pada gerhana matahari berikutnya, wilayah Amerika, Australia atau Afrika saja yang bisa melihat gerhana matahari," ujarnya, Senin (1/2).Untuk fenomena gerhana sendiri yang terdiri dari fase parsial awal, fase total hingga, parsial akhir, lanjut Fery, dapat diamati dari tempat yang luas di seluruh Indonesia.



Kemudian daerah utara seperti Tiongkok dan selatan hampir seluruh Australia."Daerah-daerah tersebut bisa melihat fase-fase gerhana, seperti gerhana sebagian, dimana matahari mulai tertutup bayangan bulan, kemudian masuk ke fase total yang hanya bisa dilihat dari beberapa daerah di Indonesia dimana seluruh piringan matahari tertutup oleh piringan bulan.



Terakhir kemudian masuk lagi ke parsial akhir dimana bayangan tersebut akan bergeser lagi," tukas Fery. [Sumber : www.mediaindonesia.com/Foto : NASA/SDO via AP].