Berita Bethel
Penulis: Pram (10/02/2016)

Gusi Berdarah : Gejala Sejumlah Penyakit Mematikan


Gusi yang sehat adalah tanda kebersihan mulut yang baik. Tapi ada saat-saat ketika gusi Anda meradang dan sakit, yang dapat mengindikasikan masalah kesehatan mulut. Gusi berdarah biasanya disebabkan peradangan oleh plak, tapi ini bisa menjadi salah satu tanda penyakit serius.



Berikut beberapa masalah serius yang mungkin Anda alami, seperti dilansir dari Thehealthsite, Rabu (3/2/2016).



Diabetes. Diabetes dan penyakit periodontal termasuk radang gusi kuat hubunganya, karena gusi berdarah biasanya gejala awal diabetes. Menjaga kadar gula darah hampir tidak mungkin bila ada penyakit perdarahan gusi yang aktif. Diabetesi harus serius menjaga kesehatan mulut untuk menghindari infeksi mulut dan masalah mulut lainnya.



Trombositopenia. Kondisi yang didefinisikan sebagai kurangnya trombosit dalam darah menyebabkan perdarahan di jaringan gusi dan pembekuan darah yang lambat setelah luka. Jika Anda memiliki trombositopenia atau trauma minor, gusi berdarah dapat mudah terjadi.



Leukemia. Salah satu tanda-tanda pertama dari leukemia adalah gingivitis atau gusi berdarah. Sel-sel leukemia yang masuk ke gusi memicu hemoragik yang memerlukan perhatian segera. Jika Anda telah menjaga kebersihan mulut yang baik dan pendarahan gusi masih berlanjut lebih dari seminggu, segera temui dokter.



HIV. Sembilan puluh persen pasien HIV-positif dapat mengalami setidaknya satu gangguan oral, termasuk gusi berdarah karena periodontitis atau gingivitis. Sementara gusi berdarah bukan tanda peringatan HIV, tetapi itu pertanda bahwa Anda perlu mengobati infeksi ini lebih serius.[Sumber: www.okezone.com/Foto:Istimewa].