Berita Bethel
Penulis: Pram (16/02/2016)
Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan


Sayuran hijau yang satu ini mungkin bukan salah satu sayuran favorit bagi banyak orang. Seperti yang Anda ketahui seledri kurang populer jika dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya.



Biasanya sayuran ini seringkali digunakan untuk taburan makanan, seperti bakso, soto dan sup untuk penyedap. Namun selain itu, seledri juga sering dimanfaatkan sebagai jus ataupun campuran salad. Hal ini dikarenakan seledri kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.



Beberapa kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam seledri antara lain, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, magnesium , besi, folat, potassium, natrium, fosfor serta memiliki kandungan asam amino esensial yang tinggi.



Lantas apa saja manfaat daun seledri untuk kesehatan? Berikut ulasannya.Manfaat seledri untuk kesehatan yang perlu diketahui :



1. Menjaga kesehatan mata. Selain wortel, seledri juga merupakan salah satu sayuran sumber vitamin A terbaik yang dapat meningkatkan dan mempertajam penglihatan.



Mengkonsumsi seledri secara teratur juga dapat mencegah dan menurunkan resiko seseorang terkena mata rabun akibat faktor usia. Selain dapat dimanfaatkan sebagai taburan pada masakan Anda pun bisa mengkonsumsinya sebagai jus.



2. Menurunkan berat badan. Manfaat yang kedua adalah untuk menurunkan berat badan. Berat badan ideal adalah salah satu hal yang diharapkan oleh setiap orang. Dengan berat badan yang ideal tentu saja dapat membuat penampilan lebih menarik.



Tak hanya itu saja berat badan yang ideal juga menurunkan resiko penyakit tertentu.Mulailah mengkonsumsi seledri sebagai camilan rendah lemak yang baik. Anda pun bisa mengkonsumsinya dengan bahan-bahan lainnya, seperti saus mayonnaise, selai kacang, minyak zaitun dan lainnya, meskipun mengenyangkan camilan ini tidak membuat berat badan Anda bertambah.



3. Menjaga kesehatan dan fungsi ginjal. Manfaat daun seledri selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan dan fungsi ginjal. Ginjal adalah salah satu organ tubuh manusia paling vital yang harus dijaga kesehatannya.



Selain berolahraga dan mengkonsumsi air putih, salah satu cara menjaga kesehatan ginjal adalah dengan mengkonsumsi seledri. Kandungan vitamin dan nutrisi pada seledri dapat membantu menyingkirkan racun dalam tubuh. Jika rutin mengkonsumsi seledri tentu saja hal ini dapat mencegah pembentukan batu ginjal dan gagal ginjal.



4. Menjaga sistem pencernaan. Berikutnya adalah dapat digunakan untuk menjaga sistem pencernaan. Seledri bersifat diuretic atau dapat menambah frekuensi buang air kecil.



Tentu saaja hal ini dapat memaksimalkan tubuh untuk menyiungkirkan dan membersihkan racun serta sisa-sisa makanan yang tidak bermanfaat di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, seledri kaya akan serat dan air, sehingga hal ini dapat mencegah terjadinya sembelit ataupun konstipasi.



5. Mengurangi kolesterol. Kolesterol yang berlebih pada darah dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya, seperti jantung, stroke hingga diabetes. Untuk mengatasi hal ini mulailah untuk menerapkan gaya hidup yang sehat.



Seperti berolah raga dan mengkonsumsi makanan sehat. Mengkonsumsi dua batang seledri setiap hari bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.[Sumber: Maritje Hafumena/Kapernaum News-Josiana Biro Media BPH GBI].