Berita Bethel
Penulis: Pram (03/03/2016)

Gempa 8.3 SR Goncang Sumatera Barat


Sekitar jam 07:49 waktu setempat, gempa kuat berkekuatan 8.3 SR menggoncang Propinsi Sumatera Barat (Rabu, 2/3).BMKG mengumumkan peringatan dini terhadap bahaya tsunami di Propinsi Sumbar, Sumut, Aceh, Bengkulu dan Lampung, seperti dikutip dari antaranews.com.



Menurut BMKG, pusat gempa ini berada di 682 km barat daya Kepulauan Mentawai atau 5.61 derajad garis lintang selatan dan 94.05 derajad garis lintang timur.



Sementara itu, detik.com menuliskan peringtan dini tsunami yang diberlakukan pasca terjadinya gempa bumi 7,8 Skala Richter (SR) di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, kini telah dicabut.



Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan masyarakat di Kepualauan Mentawai dan sekitarnya dilaporkan aman."Posko BNPB telah menerima informasi dari BMKG bahwa peringatan dini tsunami yang disebabkan oleh gempa 7.8 SR, pada 2-3-2016 pukul 19:49:47 WIB, dinyatakan telah berakhir.



BNPB menerima pencabutan peringatan tsunami pada 2-3-2016 pukul 22.34 WIB. Dengan demikian masyarakat dapat kembali ke rumah masing-masing dengan tenang. Tidak perlu takut dan kondisi aman," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho lewat pesan singkat yang diterima wartawan, Rabu (2/3/2016).



Sutopo mengatakan, tsunami sempat terdeteksi di Pulau Cocos setinggi 10 cm pada pukul 21.15 WIB. Tsunami juga sempat terdeteksi di garis pantai Padang."Di Padang setinggi 5 cm pada pukul 21.40 WIB," kata Sutopo.



"Posko BNPB telah dapat berkomunikasi dengan BPBD Mentawai dengan radio komunikasi. Dilaporkan bahwa kondisi masyarakat aman. Masyarakat telah berada di tempat-tempat yang aman.



Masyarakat di Sikakap, Pagai Selatan, Sipora, Siberut dan Kepulauan Mentawai lain dalam kondisi aman dan mengungsi di tempat yang tinggi," tambah Sutopo.Selain itu, lanjut Sutopo, di daerah-daerah di pulau dan sepanjang pantai barat Sumatera, seperti Nias Selatan, Nias, Simeuleu, Aceh Singkil, Aceh Barat, Muko-Muko, dilaporkan aman.Termasuk juga daerah di sepanjang Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu dan Lampung. [Sumber : www.antaranews.com dan www.detik.com/Foto : Google]