Berita Bethel
Penulis: Pram (05/03/2016)

BPD Papua Gelar Rakerda II


Rakerda kali ini diadakan tidak seperti biasanya karena untuk pertama kalinya Rakerda diadakan di kantor BPD Provinsi Papua di kawasan Dok II Jayapura, Papua (1-2/3).



Rakerda mengambil tema utama “Tahun Penuaian” dan sub tema "Pembaharuan Penuai". Acara dimulai dengan ibadah pembukaan dan Firman Tuhan disampaikan Ketua BPD Propinsi Papua, Pdt. Drs. Yohanes Sumiran, MA (Foto Kiri), dengan mengutip Injil Yohanes 4:34-38.



Usai ibadah pembukaan acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan diikuti dengan Hymne GBI. Selanjutnya pembacaan Iman GBI. Rapat Kerja Daerah ini dihadiri seluruh pengurus lengkap BPD GBI Provinsi Papua dan 10 Badan Pengurus Wilayah (BPW) yaitu BPW. Kota Jayapura, BPW. Kab, Jayapura – Sentani, BPW. Grime Nawa, BPW. Sarmi, BPW. Keerom, BPW. Merauke, BPW. Asmat, BPW. Mappi, BPW. Boven Digul, BPW. Oksibil.



Rakerda berlangsung dengan penuh keakraban dan sukacita. Tidak ketinggalan, Ketua BPW Merauke (Pdt. Stien W. Yumawe) datang dengan membawa rambutan Merauke yang rasanya manis dan nikmat.



Tujuan Rakerda ini adalah 1.Menyusun agenda Daerah yaitu program-program kerja yang akan dilaksanakan oleh tiap BPW.2. Melakukan sinergi antar BPD dengan BPW dalam melaksanakan program-program.



3.Terciptanya koordinasi antara BPD dengan BPW, antara staf BPD dengan staf BPW (Ketua, Sekertaris, Bendahara, dan Ketua-Ketua Bidang) dari Propinsi sampai ke Kabupaten/Kota.



4.Menjelaskan tugas dan tanggung-jawab para pengurus BPD dan Ketua-Ketua BPW GBI dan staf BPW (Sekertaris, Bendahara, dan Ketua Bidang).5. Menjelaskan dan menetapkan standar operasi jalur komunikasi antara daerah (BPD) dengan Kabupaten/Kota (BPW).



6. Menjelaskan dan menetapkan standar sistem dan pengelolaan perpuluhan jemaat.7. Menetapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dari BPD sampai ke BPW.



Target Rakerda kali ini yaitu 1.Ditetapkannya agenda SMW dan program wajib untuk semua BPW.2. Adanya koordinasi program Nasional dan program daerah.3.Tersusunnya jadwal Sidang Majelis Wilayah 2016.



4.Tersusunnya jadwal pelaksanaan program bidang di Wilayah Kabupaten/kota.5. Ditetapkannya metode standar penyerahan persepuluhan dan pengelolaannya.6.Di tetapkan sistem komunikasi standar.



Selain itu Ketua BPD juga mensosialisasikan 7 pokok program utama Gereja Bethel Indonesia yaitu 1.Pemberdayaan pejabat dan warga jemaat.2. Pekebaran Injil, Misi dan penanaman gereja.3. Pemberdayaan keluarga dan masyarakat. 4.Penguatan organisasi dan kepemimpinan.



5.Pengembangan pendidikan dan ajaran.6.Pemberdayaan gereja lokal.7. Peningkatan peran gereja bagi bangsa dan Negara.Diakhir pertemuan, Bidang-bidang menyampaikan program masing-masing untuk dilaksanakan dan disosialisasikan ke wilayah (BPW) masing-masing. Hal ini telah dibahas dalam pleno.



Acara ditutup dengan ibadah dan Perjamuan Kudus.Selamat bekerja dan jadilah penuai-penuai Allah di ladang masing-masing yang Tuhan sudah percayakan. Amin.[Pdm. Gelphy David Nartha-Sekertaris II BPD GBI Propinsi Papua].