Berita Bethel
Penulis: Pram (09/03/2016)

Polda Metro Jaya Mulai Uji Coba Speed Gun


Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, menggelar uji coba alat pendeteksi kecepatan kendaraan atau Speed Gun, di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan (Senen, 7/3). 



"Uji coba ini sebagai tindaklanjut rencana penindakan terhadap pelanggaran batas kecepatan kendaraan dengan menggunakan Speed Gun," ujar Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, kepada Beritasatu.com, Senin (7/3).



Dikatakan Budiyanto, pihaknya telah melaksanakan uji coba penggunaan Speed Gun di Jalan MT. Haryono, siang tadi."Kegiatan ini sekaligus sebagai bagian dari proses sosialisasi dan kegiatan pra atau sebelum penegakan hukum dengan sistem tilang dilaksanakan," ungkapnya.



Ia menyampaikan, urgensi penindakan pelanggar kecepatan karena kecepatan merupakan faktor utama yang berpotensi terhadap fatalitas kecelakaan lalu lintas. "Baik berakibat luka berat dan meninggal dunia," katanya.



Legalitas penindakan hukum terhadap pelanggar kecepatan, tercatat dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 272 ayat 1 dan ayat 2.



"Sebagai bentuk tanggung jawab, Polri khususnya Ditlantas Polda Metro Jaya akan melaksanakan penindakan terhadap pelanggaran kecepatan dengan menggunakan Speed Gun (sosialisasi, teguran dan tilang)," tandasnya.[Sumber : www.beritasatu.com].