Berita Bethel
Penulis: Pram (15/03/2016)
Ciri-ciri Makanan yang Memakai Formalin!


Pedagang nakal sering mencampurkan formalin agar produk yang dijual bertahan lebih lama. Saat membeli, ada baiknya kenali ciri-ciri makanan berformalin ini.Formalin merupakan larutan yang tidak berwarna dan baunya sangat menusuk.



Di dalam formalin terkandung sekitar 37 persen formaldehid dalam air. Biasanya ditambahkan metanol hingga 15 persen sebagai pengawet. Sehingga formalin dilarang untuk digunakan sebagai pengawet makanan.



Beberapa jenis pangan telah ditemukan menggunakan formalin sebagai pengawet. Makanan yang sering ditemukan berformalin antara lain mie basah, tahu, bakso, ayam hingga ikan.



Untuk tetap mengonsumsi makanan yang aman BPOM sarankan untuk lebih selektif dan berhati-hati dalam memilih produk pangan yang akan dikonsumsi dan mengetahui ciri-cirinya sebagai berikut.



1. Mie basah. Tidak rusak sampai 2 hari pada suhu kamar yaitu sekitar 25 derajat celcius dan bertahan lebih dari 15 hari pada suhu lemari es dengan suhu 10 derajat celcius.



Selain itu, biasanya mie tidak lengket dan lebih mengikap dibandingkan mie alami. Tercium bau agak menyengat dan bau formalin.



2. Tahu. Tidak rusak sampai 3 hari pada suhu kamar 25 derajat celcius dan bertahan lebih dari 15 hari pada suhu lemari es sepuluh derajat celcius. Tekstur tahu keras, kenyal namun tidak padat dan bau agak menyengat seperti formalin.



3. Ikan segar dan seafood lain. Ikan menjadi salah satu makanan segar berprotein yang mudah rusak. Ikan yang sudah terkena formalin tidak rusak hingga 3 hari dalam suhu kamar, 25 derajat celcius.



Warna insang cenderung merah tua, tidak cemerlang. Bukan merah segar dan warna daging pada ikam putih bersih serta bau agak menyengat formalin.



4. Ikan asin. Ciri ikan asin dengan formalin adalah tidak rusak sampai lebih dari 1 bulan pada suhu kamar yaitu 25 derajat celcius. Bersih cerah dan tidak berbau khas ikan asin dan tidak dihinggapi lalat jika ditaruh pada area terbuka.



5. Bakso. Selain boraks, dalam beberapa kasus bakso juga ada yang mengandung formalin. Ciri-ciri bakso ini adalah tidak rusak sampai 5 hari pada suhu kamar (25 derajat celcius), teksturnya sangat kenyal dan bau agak menyengat formalin.



6. Ayam. Tidak rusak sampai 2 hari pada suhu kamar (25 derajat celcius), teksturnya kencang dan bau agak menyengat formalin.[Sumber: www.detik.com/detikfood-Foto : Istimewa].