Berita Bethel
Penulis: Pram (21/03/2016)
Jasa Marga dan 4 Bank BUMN Sinergi Pembayaran E-Toll Nasional


Sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terdiri dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk., bersama 4 Bank BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara) yaitu Bank BRI, Bank Mandiri, BNI, dan Bank BTN melaksanakan launching e-Payment Toll di Kantor PT Jalan tol Lingkar Luar Jakarta (PT JLJ) anak perusahaan Jasa Marga yang mengelola Ruas Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).



Launching Implementasi pembayaran elektronik tol nasional ini dilakukan oleh Menteri Negara BUMN Rini M. Soemarno bersama, Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman, Direktur Utama Bank BRI Asmawi Syam, Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, dan Direktur Utama Bank BTN Maryono.



"Melalui sinergi bank-bank BUMN ini, masyarakat dapat menikmati layanan pembayaran tol elektronik yang lebih luas lagi dan terintegrasi secara menyeluruh," kata Adityawarman di Jakarta, Senin (21/3/2016).



Bank Mandiri yang sebelumnya telah mengimplementasikan e-payment toll (dengan e-toll card dan mandiri e-money) di semua ruas tol, kini menyusul kartu Bank BRI Brizzi, kartu BNI Tapcash, Kartu BTN Blink yang pada tahap awal dapat digunakan di Ruas Tol JORR (Kebon Jeruk-TMII-Cilincing), Ruas Tol Ulujami-Pondok Aren, Ruas Tol Jakarta Tangerang, dan Ruas Tol Bogor Outer Ring Road (BORR).



Serta akan menyusul 14 Ruas Tol lainnya yang akan diimplementasikan secara bertahap. Sampai dengan Desember tahun 2015, penetrasi pembayaran elektronik di seluruh Ruas Tol yang dioperasikan Jasa Marga adalah mencapai 15,6% dari total transaksi.



"Sedangkan Gardu Tol Otomatis yang beroperasi pada tahun 2015 adalah sejumlah 399 buah GTO atau 40% dari keseluruhan gardu tol operasi," tukas dia.Ditargetkan, pada akhir tahun 2016 ini jumlah GTO menjadi 507 buah atau 50% dari keseluruhan gardu operasi, sehingga akan meningkatkan pula jumlah penetrasi pembayaran elektronik di seluruh Ruas Tol. [Sumber : www.sindonews.com/Foto : Istimewa].