Berita Bethel
Penulis: Pram (05/04/2016)

Perhatikan Hal Ini Saat Pakai WiFi di Tempat Umum


Meski dirasa sangat bermanfaat, keberadaan WiFi publik yang bebas diakses siapapun bila tidak disertai edukasi dan pengamanan menjadi resiko tersendiri. Pemerintah maupun pengelola WiFi publik sedari awal sudah harus menyadari bahwa memberikan akses internet yang tanpa pengamanan sangat berbahaya.



Pakar keamanan cyber, Pratama Persadha Resiko menjelaskan kepada Okezone, Senin (4/4/2016), risiko diretas sangat besar, apalagi jika sistemnya terintegrasi ke kantor Pemerintah lainnya. Jadi dari satu lubang bisa meretas ke sistem lain milik Pemerintah.



Begitu juga para pengguna WiFi publik harus menyadari bahwa saat masuk ke jaringan, risiko perangkat diakses orang lain juga terbuka lebar. Untuk para pengelola WiFi publik, khususnya Pemerintah perlu menambahkan pengamanan pada jaringan internet yang dipakai, bisa berupa enkripsi dan Virtual Private Network.



Tidak kalah penting adalah edukasi kepada masyarakat sebagai pengguna. Pertama, jangan sekali-kali mengatur smartphone, tablet dan laptop untuk otomatis langsung tersambung ke jaringan WiFi. Bisa jadi tanpa diketahui oleh pengguna, perangkat mereka masuk ke jaringan WiFi yang tidak aman, dan bisa diretas oleh orang lain.



Usahakan WiFi dalam keadaan mati bila tidak digunakan, juga untuk menghemat daya. Selain itu, penggunaan VPN yang sudah tersedia pada setiap OS juga penting. Minimal untuk mengamankan privasi dan menghindari aksi intip pada koneksi kita.



Lalu menutup akses perangkat lain untuk masuk pada laptop dan perangkat kita. Khusus pada Windows bisa diatur lewat control panel dan sharing connection. Ini mencegah saat kita di WiFi publik, orang mendeteksi perangkat kita terbuka untuk diakses orang.



Hal ini sangat sering terjadi terutama di perkantoran, di mana setting default adalah terbuka aksesnya. Sehingga sering terjadi file yang hilang maupun tiba-tiba dicopy oleh orang lain.



Cara paling aman adalah dengan tidak menggunakan WiFi publik yang ada. Apalagi dengan smartphone yang saat ini sudah bisa disetting menjadi WiFi hotspot tethering, jadi lebih memudahkan. Namun jangan lupa dibuat password, agar tidak semua orang bisa mengakses WiFi yang kita gunakan. [Sumber : www.okezone.com/Foto : Istimewa].