Berita Bethel
Penulis: Pram (08/04/2016)
Mewaspadai Penyakit Diabetes


Masalah kesehatan merupakan point ketiga dari 17 point Sustainabel Development Goals (SDGs), dan hal inilah yang menjadi perhatian serius dari pemerintah, untuk memberikan jaminan warganya hidup sehat.



Di Hari Kesehatan Dunia yang diperingati setiap tanggal 7 April, jatuh pada Kamis hari ini, salah satu yang menjadi perhatian adalah penyakit Diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang sangat mematikan, bukan karena dari penyakit diabetesnya tersebut, namun komplikasi yang dapat disebabkan diabetes diantaranya dapat menyebabkan kebutaan, kelemahan syaraf, serangan jantung, lumpuh dan amputasi pada lengan serta kaki.



Seperti yang dituturkan oleh salah seorang warga Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Yeni Sopiani kepada Kontributor Elshinta, Eka Susanti, diabetes atau penyakit gula darah adalah penyakit yang menakutkan karena jika sudah terkena penyakit ini akan sangat sulit diobati dan bahkan bisa berakibat kecacatan dan kematian.



Hal ini karena jika terdapat luka sekecil apapun, luka tersebut tidak bisa diobati bahkan bisa menjalar ke bagian tubuh yang lain dan harus diamputasi.Dikatakan Yeni, selain faktor keturunan, diabetes juga bisa diderita oleh orang yang tidak bisa mengatur pola hidup, seperti pola makan yang tidak terjaga dan tidak pernah berolah raga.



Menurut dia, cara mengatasi diabetes sebenarnya bukan hanya dengan obat-obatan kimia untuk sekedar menurunkan gula darah. Tetapi diabetes dapat diantisipasi dengan bebrapa cara diantaranya, memeriksa secara rutin gula darah, menjaga konsumsi karbohidrat dan gula sesuai dengan batasan-batasan, seperti menjaga pola makan yang baik dan benar.



Serta olah raga teratur terutama olah raga ringan di pagi hari sebelum sarapan yang bertujuan untuk membuang dan menghabiskan sisa gula yang menumpuk di dalam tubuh. [Sumber : www.elshinta.com/Foto : Istimewa].