Berita Bethel
Penulis: Pram (11/04/2016)

Dari Brebes, Presiden Luncurkan Program Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat


Pagi ini, Senin (11/4/2016), Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak ke Brebes, Provinsi Jawa Tengah.Menuju Jawa Tengah, Presiden dan Ibu Negara menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU dari Pangkalan TNI AU Atang Sandjaja, Kabupaten Bogor.



Berdasarkan keterangan Tim Komunikasi Presiden mengenai kegiatan hari ini, Presiden akan meluncurkan Program Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat.Program ini bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup pelaku usaha di pedesaan, dengan cara memberikan kesempatan bekerja atau berusaha yang layak bagi petani, peternak, dan nelayan.



Ada beberapa alasan mengapa Brebes dipilih menjadi tempat protek percontohan pengentasan kemiskinan. Pertama, karena Brebes merupakan sentra produksi bawang Indonesia, dan bawang adalah komoditi yang berkontribusi cukup besar pada inflasi.



Tetapi faktanya kesejahteraan petani bawang relatif rendah, sebab sebagian besar keuntungan dinikmati pedagang perantara. Melalui peluncuran program ini diharapkan kesejahteraan petani bawang dapat meningkat dan menjadi contoh bagi pelaku usaha di daerah lainnya.



Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kunjungan ke Brebes, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.[Sumber : www.tribunnews.com/Foto : Istimewa].