Berita Bethel
Penulis: Pram (26/04/2016)

BPD Jakarta : Seminar Hukum "Pemahaman Hukum Bagi Gereja yang Berdampak"


Keteladanan dalam melakukan hukum, menjauhi perbuatan-perbuatan yang melanggar hukum, serta mampu memberikan suara kenabian tentang ketidak-adilan, merupakan inti kotbah dan sambutan singkat Ketua BPD GBI DKI Jakarta, Pdt. Kiki Tjahjadi, MTh pada acara Seminar Hukum di Graha Bethel, Jakarta (Selasa, 26/4).



Seminar ini bertemakan "Pemahaman Hukum Bagi Gereja yang Berdampak" dan sub tema "Dengan Semangat GBI M.A.N.T.A.P, Gereja Meningkatkan Peran Pendidikan Hukum Dalam Mewujudkan Gereja yang Sehat, Kuat dan Berdampak". Penyelenggara kegiatan ini yaitu BPD GBI DKI Jakarta Bidang Hukum dan Advokasi-Badan Pembinaan Hukum Nasional dan Lembaga Bantuan Hukum Bethel Indonesia BPH GBI.



Pdt. Kiki mengatakan kata hukum di dalam Perjanjian Lama yaitu torah (UU, petunjuk) dan Perjanjian Baru dituliskan sebagai nomos (Yunani). Hukum dalam Alkitab berfungsi sebagai arahan, bagaimana seseorang (percaya) menjalani kehidupannya, pedoman sebagai umat-Nya.



"Sebagai gembala, ia harus mengarahkan umat (jemaat) agar hidup sesuai dengan hukum Alkitab, bukan sebaliknya," katanya. Sementara itu, ia juga menjelaskan makna kata hukum dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yang berarti peraturan, UU, patokan, keputusan yang diteguhkan oleh hakim di pengadilan.



Ia kemudian mengutip nats Ayub 6:25a "Alangkah kokohnya kata-kata yang jujur! Tetapi apakah maksud celaan dari pihakmu itu?". Selanjutnya Ketua BPD mengutip inti buku best seller tahun 2007 karya Randy Pause (47 tahun) yang berjudul "The Last Lecture".



Dalam buku itu si penulis menuliskan tentang kunci hidup lebih baik yang terdiri dari tiga unsur yaitu personality (kepribadian), community (hidup dalam komunitas) dan life (kehidupan) untuk melakukan tindakan yang benar.



Selanjutnya, tampil sebagai pembicara sesi pertama yaitu Constantinus Kristomo, SS (Kepala Bidang Bantuan Hukum, Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum BPHN). Ia didampingi Pdt. Dr. Hanan Soeharto, M.Div, SH, MH. (Kepala Biro Hukum dan Advokasi Departemen Pelayanan Masyarakat BPH GBI).



Sementara itu, Pdt. Henoch Budianto, MTh sebagai moderator.Pembicara sesi kedua yakni Pdt. Hanan (Pemahaman Dasar Tentang Hukum) dan sesi ketiga Saudaranta Tarigan (Direktur Eksekutif Perhimpunan Profesi Hukum Kristiani Indonesia) mengusung tema " Panggilan Allah Terhadap Professional di Bidang Hukum".