Berita Bethel
Penulis: Pram (17/05/2016)

Elizabeth Dunn : Punya Banyak Uang Belum Tentu Bahagia


Masih banyak orang yang sering menghubungkan kebahagiaan dengan uang yang banyak. Namun ternyata tidak selamanya uang yang banyak mampu memberikan kebahagiaan yang seutuhnya.



Menurut studi yang dilakukan oleh Elizabeth Dunn, Associate Professor Department of Psychology University of British Columbia yang juga Book Author of "Happy Money", memiliki hubungan sosial yang bagus ternyata mampu meningkatkan kebahagiaan yang ada pada individu dibandingkan memiliki uang yang banyak.



"Paling penting hubungan sosial. Anda akan senang kalau punya hubungan yang baik dengan orang yang anda sayangi seperti keluarga dan teman. Lebih bahagia mempunyai hubungan yang baik dengan teman dan keluarga, dibandingkan banyak uang," ujar Elizabeth di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta Pusat, Rabu (11/5/2016).



Berdasarkan penelitian yang telah ia lakukan di beberapa negara di Eropa dan Asia, dengan memberi sesuatu kepada orang lain ternyata lebih ampuh untuk meningkatkan kebahagiaan dibandingkan dengan membeli barang.



"Berdasarkan riset, memberi dapat membuat senang. Hal ini sudah dilakukan di seluruh dunia. Orang yang memberikan uang ke orang lain akan mendapatkan kebahagiaan," kata Elizabeth.



Dirinya pun menyimpulkan bahwa memiliki hubungan sosial dengan banyak orang mampu menaikkan kadar kebahagiaan. Sebaliknya, memiliki uang banyak hanya dapat dirasakan sendiri."Lebih baik memiliki hubungan yang baik dengan semua orang misalnya dengan memberi sesuatu dibandingkan dengan memiliki uang yang banyak," tutup Elizabeth.



Selain itu, dia menambahkan, salah satu cara memperoleh kebahagiaan instan adalah dengan membeli barang yang disukai."Kalau punya banyak keinginan barang bagus juga meningkatkan kebahagiaan. Saya punya banyak sepatu yang bagus jadi saya senang. Itu yang membuat saya bahagia," tutur Elizabeth.[Sumber : http://finance.detik.com / Foto : Ilustrasi].