Berita Bethel
Penulis: Pram (18/05/2016)

Perayaan Hari Pentakosta : The Unlimited Power


Kuasa yang tidak terbatas atau The Unlimited Power merupakan tema perayaan Pentakosta yang diadakan GBI Mal Taman Palem, Jakarta-Barat (Minggu, 15/5).



Pdt. Alex Leo selaku Gembala setempat mengutip nats Kis 1:8 "Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."1:9 Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka".



Ia mendefinisikan kata kuasa (Yunani = dunamis) diatas sebagai kekuatan orang percaya untuk melakukan berbagai-bagai mujizat. Hal itu terjadi jika Roh Kudus turun atas hidup orang percaya.



Selanjutnya, Pdt. Alex menambahkan mujizat adalah suatu tindakan seseorang (percaya) yang jika ia lakukan secara normal (biasa) tidak bisa. Namun, hal itu bisa terjadi secara supra-natural sebab ada kuasa (dunamis) yang mengalir dari luar diri orang percaya.



"Yesus setelah dibaptis, diurapi RK, selanjutnya Dia melakukan mujizat-mujizat. Inilah yang disebut The Unlimited Power," ujarnya. Pdt. Alex mengutip nats Kis 2:1-4 tentang peristiwa turunnya Roh Kudus kepada murid-murid Yesus Kristus. Selanjutnya, ia menegaskan pencurahan Roh Kudus itu sudah dinubuatkan nabi Yoel pada masa PL.



Hasilnya ialah perubahan kehidupan orang percaya sebab ada ada kuasa (Roh Kudus) yang mengalir ke kehidupan orang percaya.Selanjutnya, para murid-murid mengalami baptisan Roh Kudus seperti janji nats diatas pada masa PL dan janji Tuhan Yesus sendiri sebelumnya kepada mereka.



Pasca pencurahan Roh Kudus kepada para murid, terjadi pertobatan dan penambahan jiwa sebanyak 3.000 jiwa, pasca kotbah Petrus (Kis 2:41). "Dengan kemampuan diri sendiri, mempertobatkan 1 orangpun tidak akan mampu. Namun Petrus bicara dengan disertai Roh Kudus maka The Unlimited Power itu bekerja, 3000 orang bertobat" tegasnya.



Setelah para murid menerima baptisan Roh Kudus, mereka menjadi rajin doa. Mereka alami dorongan yang kuat dari RK, sehingga penuh kehausan untuk berkumpul di Bait Allah (Kis 2:45-46).Para Rasul membuat tanda-tanda ajaib dan lakukan mujizat. Orang lumpuh berjalan, tuli mendengar.



"Kesulitan (masalah) pekerjaan, bisnis, sekolah, kuliah,membangun rumah tangga, hari ini menjadi terobosan dalam hidup kita," ujarnya. Diakhir kotbahnya, Pdt. Alex menegaskan, The Unlimited Power itu bisa diaktifkan dalam diri orang percaya dengan cara hidup mengikuti tuntunan Roh Kudus.



Sehingga tindakan itu akan menghasilkan kuasa tak terbatas akan mengalir.Hasilnya, kehidupan orang percaya akan mengalami perubahan seperti kondisi murid-murid Yesus. Sebab tidak ada perkara yang mustahil bagi orang yang percaya. Ia melakukan altar call dan kemudian  mendoakan jemaat agar menerima baptisan Roh Kudus, khusus bagi mereka yang rindu dan belum pernah menerimanya.