Berita Bethel
R.A.B Edisi Juni 2017

Shalom  Sahabat renungan harian  anggur baru.  Kita sudah memasuki bulan Juni 2017 yang adalah bulan keluarga. Di bulan ini, mari kita bangun keluarga kita lebih lagi dalam pengenalan  akan Tuhan, karena keluarga adalah lembaga pertama yang Tuhan ciptakan, dan keluarga juga adalah pondasi dan dasar dari gereja maupun generasi. Jika keluarga sehat, demikian juga gereja akan sehat, bahkan negara dan generasi pun akan sehat. Tetapi jika keluarga tidak sehat, gereja dan generasi lanjut pun akan rusak.

Oleh karena itu penting sekali bagi keluarga Kristen  membangun pengenalan akan Tuhan melalui mezbah keluarga. Dalam Kejadian 8:20, demikian diperbuat Nuh setelah terjadinya air bah di bumi: “Lalu Nuh mendirikan mezbah bagi  TUHAN; dari segala binatang yang tidak haram dan dari segala burung yang tidak haram diambilnyalah beberapa ekor, lalu ia mempersembahkan korban bakaran di atas mezbah itu.”

Mezbah adalah tempat korban dipersembahkan. Mezbah keluarga adalah suatu tindakan yang diambil oleh seorang bapak sebagai kepala keluarga untuk memimpin seluruh anggota keluarga agar menyembah  Tuhan bersama-sama. Nuh mendirikan Mezbah dan melalui Mezbah inilah Nuh mempersembahkan korban yang merupakan suatu penyembahan kepada Tuhan. Dan respon atas apa yang dibuat Nuh, maka Allah memberkati  Nuh dan anak-anaknya.

Mengapa harus memiliki mezbah keluarga?. Keluarga adalah tim yang dipimpin bapak sebagai kepala keluarga, oleh karena itu seorang bapak haruslah  memiliki dan menanamkan  tujuan, visi dan misi yang jelas agar seluruh anggota keluarga dapat mendoakannya dan berperan masing-masing dengan baik sehingga tujuan, visi dan misi bersama itu terwujud. Dengan adanya Mezbah ini Tuhan memberkati dan mempersatukan seluruh anggota keluarga. Membangun mezbah keluarga adalah kunci membangun sebuah keluarga yang kuat dalam Tuhan.

Bagaimana membangun mezbah keluarga ?.  Nasihat dalam Ulangan 6:7 diberikan oleh Musa kepada umat Israel untuk membangun  mezbah/ibadah keluarga. Ibadah kepada Tuhan bermula di rumah dan mencakup seluruh anggota keluarga. Para orang tua harus mengajarkan perintah Tuhan kepada anak-anak. Meraka didorong untuk mengingat dan mengulang-ulang firman Tuhan, bersama menyembah Tuhan dan berdoa sebagai sebuah keluarga.

Apa saja manfaat Mezbah Keluarga: Pertama, sebagai jalur penghubung yang penting dalam interaksi keluarga, para anggota keluarga duduk bersama, mendengarkan, belajar, mengajukan permohonan, mengungkapkan rasa syukur dan lain-lain. Dengan demikian para anggota keluarga terus menciptakan suasana yang akrab, menjalin ikatan dengan mengembangkan hubungan yang sangat baik, menghabiskan waktu yang berkualitas, memperbaiki dan meningkatkan kerohanian.

Kedua, keluarga dapat berakar kuat dalam iman dan Firman Tuhan. Mezbah  keluarga memberikan kesempatan bagi seluruh keluarga untuk berakar dalam firman Tuhan, pedoman kita yang benar (Ams. 6:23). Demikian Firman Tuhan  yang dijunjung  tinggi dalam seluruh keluarga maka akan menempatkan suasana yang ideal bagi orang tua untuk memupuk dan menguatkan iman anak-anak. 

Orang tua tidak dapat setiap waktu menjaga anak-anaknya dari tantangan dunia seperti pergaulan  bebas, narkoba, LGBT, dan lain-lain. Hanya  Tuhan  yang sanggup dan mampu memberikan penyertaan dan pemeliharaan yang sempurna kepada setiap anggota keluarga kita. Oleh karena itu penting sekali untuk membangun  pondasi iman anggota keluarga kita untuk takut akan Tuhan, dan selanjutnya kita percayakan pemeliharaan dan penyer taan Tuhan yang sempurna atas mereka.

Membangun mezbah keluarga melibatkan  kerja-sama, partisipasi setiap anggota keluarga, yang memerlukan pengabdian, pengorbanan pribadi. Oleh karena itu orang tua harus memberi kesan kepada anak-anak bahwa mezbah keluarga menjadi prioritas (Ul. 7). Membangun mezbah keluarga sangat butuh disiplin rohani, harus menjadi prioritas keluarga walau banyak tantangan. Tuhan akan menyertai kita untuk membangun  mezbah keluarga (Maz. 127:1). Selamat membangun mezbah keluarga.

Selamat membaca, Tuhan Yesus memberkati !.Diterbitkan Oleh: BPH GBI, Jl. A. Yani Kav. 65,Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat.Telp: [021] 42803664.  Fax: [021] 42803786. Rekening: BCA K.S. Tubun, No. ac. 526.0322577, a.n. MAKARONI GBI. Info lebih lanjut, silahkan kontak : ndanggie@gmail.com.