Berita Bethel
Penulis: Pram (28/03/2020)

BPD GBI Kepri Tanggap Covid-19

Pesatnya penyebaran Covid-19 tak dipungkiri mempengaruhi banyak sektor kehidupan masyarakat, tidak terkecuali di gereja-gereja lokal wilayah kerja BPD GBI Kepri [Badan Pekerja Daerah Gereja Bethel Indonesia Kepulauan Riau], sebab itu pengurus BPD GBI Kepri  terpanggil untuk bergabung dalam derap yang sama dengan elemen lainnya untuk secara nyata menanggulangi penyebaran Covid-19.

Dikoordinasi oleh tim Departemen Pelmas [Pelayanan Masyarakat] BPD GBI Kepri, pengurus segera menyusun beberapa program cepat tanggap Crash Program, diantaranya : (1) Pengadaan alat-alat penyemprotan disinfektan, pembuatan cairan disinfektan dan Hand-sanitizer secara konvesional.

(2) Rekruitmen tenaga relawan dari pemuda-pemuda gereja GBI. (3) Pelaksanaan giat disinfeksi langsung dan pendataan ringan gejala-gejala awal Covid-19 di gereja-gereja GBI (4) Pembagian cairan disinfektan dan dalam waktu dekat akan mengadakan pelatihan pembuatan cairan disinfectant untuk seterus diharapkan Gereja Lokal dapat melanjutkan sendiri di gereja masing-masing.

Program Lanjutan Pelmas BPD GBI Kepri adalah bekerja-sama dengan semua lembaga aras dan elemen Kristen untuk : (1) Menyalurkan bantuan bagi tenaga medis di garis depan seperti APD, Masker dan alkes lainnya.

(2) Dilanjutkan dengan mengutus tim relawan GBI bekerja-sama dengan Pokja[Kelpmpok Kerja]  Kecamatan untuk melakukan pendataan masyarakat yang memiliki gejala awal Covid-19. (3) Memfungsikan Pelmas sebagai Pos Tanggap Darurat GBI bekerja-sama dengan PDGBI [Persatuan Dokter Gereja Bethel Indonesia] BPD GBI Kepri untuk membantu dan memberikan konsultasi serta pengawasan terhadap warga jemaat dengan gejala Awal Covid-19.

Kegiatan ini semata-mata karena panggilan untuk dapat memberi sumbangsih kepada bangsa dan daerah pelayanan, sebagai anak bangsa sudah sewajarnya kita bergandengan tangan dalam koordinasi yang baik untuk mengantisipasi dan menanggulangi penyebaran Covid-19.

Lokasi Desinfektan :

Sehubungan wilayah kerja BPD Kepri berada di perbatasan langsung dengan negara tetangga, maka aksi ini harus segera dilaksanakan, karena setiap harinya akan menjadi sangat penting, sebab itu dimulai hari ini 27 Maret 2020, dengan pembiayaan swasembada dari para Gembala GBI di BPD Kepri, Pelmas bersama pengurus lainnya langsung mengambil tindakan sesuai program cepat tanggap Covid-19, yaitu penyemprotan disinfektan dan penyuluhan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) di beberapa gereja GBI Kecamatan Sei-Beduk, dan besok dilanjutkan di dua kecamatan sekaligus, yaitu Batu Aji dan Sagulung.

Tiga Kecamatan ini menjadi prioritas BPD GBI Kepri karena di anggap sebagai daerah dengan potensi resiko penyebaran tinggi. Kegiatan diharapkan terus berlangsung secara merata di seluruh gereja-gereja GBI, sehati kita tanggap Covid-19. Dukung dan Doakan !.  [George Rudi Pasaribu].