Berita Bethel
Penulis: Pram (19/07/2021)

BPD DKI Jakarta Gelar SMD Hybrid dan Sukses

Sidang Majelis Daerah [SMD] BPD GBI DKI Jakarta dilaksanakan secara hybrid [online dan onsite], merupakan model  persidangan yang baru pernah terjadi dan dilakukan oleh BPD pada tahun 2021 ini. SMD bertempat di GBI Mawar Saron, Jakarta-Utara [27-28 April 2021].     

Model Persidangan ini dipilih sesuai dengan keputusan dan arahan BPH agar setiap BPD dalam   penyelenggaraan SMD menggunakan model hybrid. Hal ini juga menjadi keputusan Rakerda Pengurus BPD GBI DKI Jakarta, dikarenakan  situasi dan kondisi  yang sampai saat ini belum selesai  dengan adanya pandemi Covid-19, baik di Jakarta dan daerah lainnya serta Peraturan Pemerintah yang masih memberlakukan PPKM.      

Hal diatas sesuai dengan keputusan Rakerda Pengurus BPD GBI DKI Jakarta.  Selanjutnya, BPD membentuk panitia khusus terdiri dari team media beberapa gereja lokal yang ada di DKI Jakarta dengan Ketua Pdt. Sapto Edhi Rahardjo dan Pdt. Petrus Soeganda sebagai koordinator lapangan. 

Setiap peserta yang hadir secara onsite sudah melalui proses tes anti bodi dan antigen yang dilakukan oleh PDGBI dua hari sebelum pelaksanaan SMD [Minggu, 25 April 2021].  Peserta SMD terdiri dari Pendeta, Pendeta Muda, Pendeta Pembantu. Persidangan memenuhi persyaratan karena melebih quorum [66 persen].        

Hadir di lokasi persidangan yaitu pengurus lengkap BPD, MPL dan Perwil, ditambah 5 orang utusan dari masing masing wilayah, serta seluruh Panitia. Semua Peserta onsite sudah terlebih dahulu mengikuti tes anti bodi dan antigen dan dinyatakan negatif, sehingga diperbolehkan hadir.     

Acara pembukaan dimulai tepat pukul 10.00 Wib, dengan pujian dan penyembahan yang dinyanyikan secara life oleh Pdt. Sammi Mandik dan diiringi oleh team musik dan singer dari GBI Mawar Saron.   

Berikutnya, khotbah Ketua Umum BPH GBI dan Perjamuan Kudus yang dipimpin Ketua BPD. Setelah upacara pembukaan maka acara secara resmi dibuka dengan pemukulan gong oleh  Sekretaris umum BPH GBI  [Pdt. Josafat Mesach] yang hadir sebagai utusan BPH GBI.

sambutannya, beliau menegaskan tema SMD adalah Sehati Menuntaskan Amanat Agung, Sesuai dengan Perintah Tuhan Yesus [Matius 28:19-20]. Sub-tema adalah Membangun Karakter Ilahi untuk Misi Kerajaan Allah.       

Lebih lanjut, Ketua BPD [Pdt. Kiky Tjahjadi, M.Th]  saat memberikan sambutan bersyukur  kepada Tuhan Yesus yang mempertemukan para hamba Tuhan GBI melalui SMD hybrid [online dan onsite].        

"Persidangan Majelis Daerah BPD DKI Jakarta sempat mengalami Penundaan di tahun 2020 sehingga baru bisa dilaksanakan pada tahun ini, sesuai Rapat BPH, BPD/BPLN, dan hasil Rakerda  BPD GBI DKI Jakarta untuk SMD tahun 2021 dilaksanakan secara  hybrid, dengan protokol kesehatan yang sangat ketat," ujarnya.      

Pdt. Kiky Tjahjadi, M.Th menambahkan pada sesi-sesi SMD 2021 ini, kita akan mengambil keputusan-keputusan penting untuk organisasi serta program dan anggaran tahun 2021 - 2022. Selain itu, SMD akan mensahkan dan melantik calon Pendeta Muda dan Pendeta Pembantu yang diusulkan oleh Pendeta Pembina. Mereka telah melalui proses perlengkapan data, wawancara, mengikuti diklat dan ujian diklat dan  dinyatakan lulus.    

"Sidang Majelis Daerah secara hybrid tahun ini merupakan sejarah baru dalam GBI, sehingga perlu kita doakan agar menjadi yang pertama dan yang terakhir.  Namun kita bersyukur berkat pertolongan Tuhan kita dapat melaksanakan SMD pada hari ini dan besok. Oleh karena itu Saya harapkan agar kita semua bisa mengikuti Persidangan ini dari awal sampai dengan selesai pada besok hari," pungkasnya.          

Sementara itu, Ketua Panitia [Pdt. Freddy Zakaria] dalam sambutannya mengharapkan agar setiap peserta baik onsite dan online agar tetap semangat dan fokus dalam mengikuti semua  Pembahasan komisi dan Sidang Pleno, karena banyak hal yang akan dibicarakan tetapi sedikit waktu yang bisa kita pergunakan dalam persidangan online.   

"Oleh karena itu, saya berterima kasih kepada semua peserta dan kepada GBI Mawar Saron yang sudah menyediakan tempat dan fasilitas untuk dipakai dalam penyelenggaran sidang MD ini. Kiranya SMD ini dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang membawa GBI DKI Jakarta lebih produktif bagi Kerajaan Allah," pesannya.     

Adapun Majelis Ketua (MK)  persidangan terdiri dari Pdt. Yason Balompapueng [MPL DKI Jakart]a, Pdt. Josafat Mesach [BPH], Pdt. Sapto Eddy Rahardjo [BPD], Pdt. Monang Gultom [peserta], Pdt. Basirun Sirait [MPL DKI Jakarta] dan Pdt. Agus Irawan [Sekretaris] dan Pdt. Roditus Mangunsaputro [Notulis]. [Nelson Kolly].